[Singapore] 3 Days Trip with Friends - DAY 3 : Supertree Grove, Orchard Road

Tuesday, September 29, 2015

Day 3

Tidak terasa hari ini adalah hari terakhir kami berpetualang di Singapore. Agenda kami hari ini terbelah dua, satu team akan jalan mengunjungi SuperTree Grove di kawasan Gardens By The Bay (termasuk saya), sedangkan team lain yang kebetulan sudah pernah ke Gardens By The Bay memilih untuk jalan-jalan ke Little India. Dengan diskusi dan pembagian skedul yang adil seperti ini jadinya setiap anggota rombongan merasa sama-sama enak dan nggak ada yang merasa dipaksa pergi ke suatu tempat. Kalau buat yang udah pernah ke satu tempat kan sayang waktunya kalau ke situ lagi, jadi kalau mau memisahkan diri nggak papa, yang penting nanti ketemu lagi di tempat dan waktu yang sudah ditentukan ;)

So kalau kalian pergi rombongan, make sure untuk diskusi dulu tentang itinerary-nya sebelum berangkat. Kalau ada 1-2 orang yang ingin pergi ke suatu tempat bisa disempilin skedul-nya atau bisa juga diberi option untuk berpisah untuk nanti rendezvous lagi di satu tempat. Tetap kompak saat bepergian adalah salah satu faktor penting yang bikin liburan kita sukses, happy, dan lancar :D

Jadi sebelum berpisah kami memutuskan akan re-group kembali di Orchard Road karena ada teman saya Della yang pengen ke H&M Orchard sebelum pulang ke Jakarta. Saya pun masih ingin ke Orchard karena mau hunting Bath & Body Works (yang lagi-lagi saat itu belum masuk Indonesia).

(rombongan rempong dalam bus)

Selama di Singapore ini biar hemat kami kemana-mana naik bus, MRT, atau patungan naik taxi. Jangan tanya rute atau nomer bus / MRT yah ke saya soalnya saya cuma ngikutin ketua rombongan aja alias teman saya Melly yang kebetulan sudah beberapa tahun tinggal di Singapore. Jadi boro-boro apal nomer bus yang saya naikin, wong saya tinggal ngikutin kemana arah kaki Melly melangkah aja (;p). Tapi sesungguhnya transportasi umum di Singapore cukup mudah untuk dipelajari kok. Apalagi peta, rute, nomer bus semua lengkap dan informasinya tersedia di banyak tempat. Kita tinggal siapin kartu sakti EZ-Link aja atau bayar untuk one way trip. Atau bisa juga beli Singapore Tourist Pass (seperti kartu EZ Link tapi khusus Turis). Oya, khusus untuk bus bayarnya musti pake duit pas lho ya kalau nggak pakai kartu, jadi kumpulin aja koinan yang banyak hehe ;)

Anyway, Supertree Grove atau yang juga dikenal dengan sebutan Avatar Jungle adalah bagian dari Gardens By The Bay, salah satu tempat wisata baru di Singapore. Well, nggak baru-baru amat sih, kurang lebih dalam beberapa tahun terakhir ini lah ya.

Gardens By The Bay ini sebenarnya areanya juga luaasss buangettt, meliputi banyak taman taman besar dengan aneka tema, area Supertree Grove dengan "pohon-pohon raksasa" dan jembatan gantung OCBC Skyway nya, dan juga dua buah bangungan dome besar yang isinyaa... more gardens!

Pokoknya kalau yang suka tanaman atau yang suka nature pasti sih puas kalo kesini, tapi ingat tempat ini maha luas, banyak banget area garden yang dapat dikunjungi. Jadi kalau waktu kalian hanya sedikit pastikan untuk cari informasi nya dulu di website untuk menentukan area mana saja yang ingin kamu kunjungi. Kalau saya dan teman-teman waktu itu sepakat untuk hanya mengunjungi area Supertree Grove nya aja, jadi kami tidak mengunjungi area lainnya karena waktu yang terbatas.

(Supertree Grove dilihat dari bawah)
(Supertree Grove dilihat dari atas/jembatan)

Karena tempat ini maha luas jadi biar nggak bingung dan agar menghemat waktu lebih baik cari tahu dulu dimana pintu masuk terdekat untuk ke area yang ingin kalian tuju disini. Jadi jangan sampai kalian salah turun dan malah jadi jalan kaki kejauhan. Kebetulan waktu itu saya kesana naik taxi (karena rame-rame jadi ongkos taxi cukup murah kalau patungan) dan dari awal langsung bilang ke driver nya mau ke supertree grove (kalau nggak salah letaknya di Baysouth).

Kalau ke SuperTree Grove / Avatar Jungle ini memang kayanya nggak oke kalau nggak naik keatas jembatan gantungnya ya. Soalnya kalau nggak naik ke atas jembatannya itu (yang namanya OCBC Skyway) ya cuma gitu doang tempatnya, gak ada yang bisa dilihat lagi selain naik ke atas supertree ini. Kecuali kalau mau jalan agak jauh lagi menyusuri taman menuju ke dome.

Untuk naik ke supertree harus membeli tiket terlebih dahulu (S$5), lalu naik lift yang akan membawa kita ke jembatan gantung (OCBC Skyway) yang menghubungkan satu “supertree” dengan “supertree” lainnya. Begitu keluar lift sih keren ya lihat pemandangan dari atas ditambah angin segar dan cuaca yang cerah. Etapi begitu jalan menyusuri jembatan lama-lama berasa juga jembatannya goyang dikit kena angin hahaha Padahal itu jembatan dari besi loh, tapi masih bisa goyang kena angin, ngeri-ngeri dikit sih, dikit tapiiii koookk... ;p

Tapi pemandangan dari tengah-tengah OCBC Skyway ini emang bagus banget, kita bisa lihat landscape kota Singapura dan berfoto dengan latar belakang kapal nyungsang alias Marina Bay Sands ;p

Kebetulan letaknya memang deketan sama supertree grove jadi tempat ini bagus juga untuk spot foto, asal tahan goyang-goyang dikit jembatan-nya ;)

Setelah puas foto-foto di SuperTree Grove (yang kabarnya bagus juga kalau malam hari karena banyak lampu-lampu warna-warni), kami pun berjalan kaki (mengikuti Melly) menyusuri jalan kecil di tengah taman dan naik ke jembatan yang terus menyusuri jalan raya menyebrang ke arah Marina Bay Sands. Lumayan jauh juga sih jalannya, tapi karena jalurnya lebar, bersih, dan dihiasi rimbun tanaman di kanan kiri serta suguhan pemandangan Singapore river dan outline kota Singapore di kejauhan lengkap dengan jalan raya nya yang bersih dan lebar, perjalanan kaki yang lumayan jauh jadi nggak berasa. Apalagi sambil diselingi foto-foto narsis hihihi Memang Singapore ini kota/negara yang paling photogenic yah kayanya, mau foto-fotoan di sudut manapun kayanya cakep aja hasil fotonya (:D).

(jalur dari Supertree Grove menuju MBS)

Jalur yang kami lewati tersebut berujung pada Marina Bay Sands (MBS), jadi jalurnya berakhir pada jembatan yang langsung masuk ke dalam gedung MBS. Lalu tinggal ikutin jalan dan sampai deh kita ke dalam mall MBS yang namanya The Shoppes. Nah kalau sudah sampai di dalam mall langsung aja ke bawah untuk menuju stasiun underground MRT yang terletak tepat di bawah mall ini.

Kalau Marina Bay Sands Mall / The Shoppes nya sendiri ya seperti mall biasa pada umumnya aja sih. Diatas mall ada hotel, dan diatasnya lagi ada kapal nyangkut (*eh). Nothing special di dalam mall-nya kalau kata saya walaupun bagus karena ada semacam kanal buatan kecil di tengah mall dimana pengunjung mall bisa naik gondola kecil (tapi buat apaan yah cuma ngiter mall doang, mana kan pasti diliatin orang di mall karena kanal-nya di tengah mall hehe). Palingan kudu naik ke atas (Sky Park) kalau mau cari yang spesial dikit, tapi berbayar hehe. Atau mau liat-liat boutique LV mungkin? Disini boutique nya keren loh karena kaya ada di pulau tersendiri ;)

Anyway, kami nggak muter-muter di mall melainkan langsung ke arah basement mengikuti plang MRT station. Setelah membeli tiket MRT di ticket machine kami pun bergegas menuju ke platform MRT. Jangan lupa perhatikan tanda penunjuk jalan dan jalur MRT yang akan kita naiki, karena tidak semua eskalator akan berujung pada platform yang sama. Jadi make sure kamu naik eskalator yang benar, yaitu eskalator menuju platform MRT yang akan kamu naiki. DAN apabila naik eskalator sebaiknya kamu berdiri di bagian kiri (jangan rada ke tengah atau di sebelah kanan, apalagi berdiri sebelahan berdua temen yang bikin nutupin jalan), karena sebelah kanan step adalah khusus untuk orang yang sedang terburu-buru.

Dari MBS kami naik MRT menuju tempat rendezvous kami yaitu Orchard Road. Kami turun di stasiun Orchard yang terletak di bawah tanah. Begitu keluar MRT banyak papan penunjuk arah pintu keluar yang berbeda-beda (yang bisa nembus ke beberapa mall di sekitaran situ). Kami sendiri segera menaiki tangga exit terdekat yang rupanya langsung tembus ke depan salah satu mall terbesar di Orchard road yaitu Ion Orchard. Sementara satu teman saya Epi tadi memisahkan diri ketika turun dari MRT. Dia tidak ikut naik ke ION Orchard bersama kita, melainkan memilih pintu exit lainnya yang tembus ke Wisma Atria (another Mall in Orchard) dengan berjalan mengikuti petunjuk yang terdapat di underground platform. Epi mau ke Typo, toko buku dan stationary yang sebenarnya ingin saya kunjungi juga sih namun apa daya berhubung waktu yang hanya tinggal sedikit dan saya kebelet pengen ke BBW jadi ya sudahlah ke Typo nya lain kali aja.

Setelah sampai di Orchard kita pun masing-masing berpisah. Yang lain ada yang pergi ke H&M, ada yang cari Subway, sementara saya dan teman saya Rany memilih untuk mengunjungi Bath & Body Works. Disitu saya agak sedih karena gagal membeli Hand Bac Gel untuk menambah koleksi saya karena ternyata harganya $4, issshhh padahal di toko online Jakarta saya bisa dapat harga 25ribu satunya (>_<)

Candles yang juga jadi inceran saya pun ternyata mahal jatohnya jadi saya pun membatalkan niat membeli candles BBW ukuran besar yang sudah dicita-citakan. Biar nggak sia-sia akhirnya saya beli foaming hand soap nya aja. Kebetulan saya dan K suka pake foaming hand soap BBW ini karena satu kali pump aja udah bikin berbusa banyak di tangan hahaha. Dan kebetulan sedang ada promo $14 for 2 untuk semua hand soaps. Pilihan saya jatuh pada wangi Kitchen Lemon dan Aqua Blossom. Yang Aqua Blossom ini bukan jenis "foaming" tapi jenis "Deep Cleansing" yang teksturnya gel dan ada micro beads nya (karena penasaran pengen coba selain yang "foaming").

Saya sama Rany juga patungan beli yang paket sekian dollar untuk 3 pieces travel size items (saya lupa tepatnya berapa dollar tapi kalau dirupiahin lumayan murah lah). Jadi dari 3 pieces itu saya ambil dua dan Rany ambil satu. Saya ambil dua buah travel size Fragrance Mist karena kebetulan fragrance mist BBW Frosted Snowberry kesukaan saya yang biasa saya bawa untuk stayover/vacay udah mau abis juga. Setelah pilih-pilih saya akhirnya memutuskan untuk ambil yang wangi Twilight Woods (salah satu wangi klasiknya BBW), dan yang wangi segar Coconut Lime Breeze yang cucok banget kayanya buat udara panas Jakarta.

Sudahlah cukup belanjanya, soalnya lagi ngirit mak!

Selesai dengan urusan masing-masing akhirnya kita berkumpul di tempat janjian kita di depan patung warna warni Ion Orchard Mall. Dari situ kita pulang ke flat Melly untuk packing dan siap-siap berangkat ke airport menuju Jakarta.

Hallo, dapet salam dari team garis-garis :)

Nyampe airport seperti biasa mau abisin sisa dollar, masuk ke warung toko snack, beli coklat Toblerone Crunchy Almond warna biru muda yang nggak ada disini, trus sama beli coklat satu lagi tapi lupa coklat apa gitu deh, sama beli minuman milk tea gitu karena haus.

Ooppss masih ada sisa waktu dikit nih sebelum boarding. Lumayan buat liat-liat area duty free shop. Eh la dalah ... ternyata saking asiknya browsing barang di duty free tau-tau tinggal saya sama teman saya Gita yang tertinggal di duty free. Langsung panik ngeliat jam yang udah tinggal 15 menit lagi pesawat berangkat! Langsung buru-buru bayar belanjaan bedak Mac andalan, trus seret Gita yang masih belum sadar kalau kita udah telat, trus lari-lari sepanjang lorong sambil ngos-ngosan karena bawa barang lumayan berat buat ditaruh di cabin ( dan mana gate nya jauh pulak dari duty free, O My God ! Panik ! ). Kayanya last call udah dari tadi deh, duh takut banget ketinggalan pesawat inih kitah! Untungnya masih sempet boarding di menit-menit terakhir (walaupun dijutekin petugasnya dan harus rela buang milk tea dingin yang tadi baru dibeli sebelum ke duty free dan baru diminum sedikit banget), yang penting masih kebagian masuk pesawat deh ! Pfiuh....

Abis itu yaudah, Alhamdulillah selamat sampai di Jakarta dan dijemput suami tercinta :D

Berdasarkan keseruan di USS kemarin saya langsung bilang ke hubby K bahwa dia HARUS ke USS jugak! Soalnya kami berdua sama-sama seneng theme park hihihi Semoga kesampaian.. Kan masih ngutang mau beli mug keren The Lost World yang masih kepikiran sampai sekarang hahahaha.. Doain yah (^__^) ..